Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen dalam Membeli Kosmetik dengan Merek Lokal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Cognitive Lock In, Inersia, Komitmen,
Kepercayaan, dan Loyalitas Merek terhadap loyalitas konsumen dalam membeli
kosmetik dengan merek lokal. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan
adalah masyarat Indonesia yang menggunakan produk kosmetik dengan merek
lokal. Jumlah sampel sebanyak 248 responden yang memiliki kriteria 17-60 tahun
yang sudah pernah menggunakan kosmetik dengan merek lokal. Data penelitian
ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner secara survey online melalui google
form. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) pada
program AMOS 22. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Cognitive Lock In
berpengaruh positif terhadap kepercayaan, Cognitive Lock In berpengaruh positif
terhadap Komitmen, Cognitive Lock In berpengaruh positif terhadap Inersia,
Kepercayaan tidak berpengaruh terhadap Loylitas Merek, Inersia berpengaruh
positif terhadap Loyalitas Merek, Komitmen berpengaruh positif terhadap
Loyalitas Merek. Setelah dilakukan analisis model structural ditemukan 4
hubungan kausalitas yang direkomendasikan oleh Amos agar tercipta model yang
fit. Empat hubungan kausalitas tersebut yaitu Komitmen memiliki hubungan
positif terhadap Kepercayaan, Kepercayaan memiliki hubungan positif terhadap
Inersia, Cognitive Lock In memiliki hubungan positif terhadap Loyalitas Merek,
Komitmen memiliki hubungan positif terhadap Inersia.
Collections
- Management [4574]