PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT BELANJA ONLINE DENGAN MEDIATOR SIKAP BELANJA MENGGUNAKAN THEORY ACCEPTANCE MODEL
Abstract
Pandemi Covid-19 telah mendorong aktivitas berbelanja online di Indonesia lebih aktif. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kontak fisik saat membeli produk dan mengurangi mobilitas kegiatan di luar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi
kenikmatan, persepsi kesesuaian, persepsi tekanan sosial, keamanan informasi, dan sikap terhadap minat berbelanja online selama pandemi Covid-19. Selain itu, penelitian ini menguji sikap sebagai variabel moderator terhadap minat berbelanja online. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Yogyakarta yang sudah pernah mengakses dan melakukan belanja online selama pandemi Covid-19. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 302 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor yang diolah menggunakan software SPSS, dan analisis SEM yang diolah
menggunakan software SmartPLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi kegunaan, persepsi kenyamanan, persepsi kesesuaian, dan persepsi tekanan sosial berpengaruh positif dan signifikan pada sikap terhadap minat berbelanja online. Sedangkan persepsi kemudahan penggunaan dan keamanan informasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan pada sikap terhadap minat berbelanja online. Lebih lanjut, sikap berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat berbelanja online serta dinyatakan sebagai variabel moderator untuk variabel persepsi kegunaan, persepsi kenyamanan, persepsi kesesuaian, dan persepsi tekanan sosial. Sedangkan sikap tidak dinyatakan sebagai variabel moderator untuk variabel persepsi kemudahan penggunaan dan keamanan informasi.
Collections
- Management [4527]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
FAKTOR DETERMINAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN
Aninda Ristyorini, 14312047 (Universitas Islam Indonesia, 2018-06-08)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran wajib pajak, persepsi sanksi perpajakan, persepsi pendapatan wajib pajak, persepsi pemahaman dan pengetahuan tentang peraturan perpajakan, ... -
PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY PADA GENERASI MILLENIAL DI YOGYAKARTA
Juliawan, Anita Sarah (Universitas Islam Indonesia, 2023-04-03)Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Persepsi Sikap, Persepsi Norma Subjektif, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, dan Persepsi Kesesuaian terhadap minat penggunaan financial technology pada mahasiswa Fakultas ... -
“PERSEPSI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI KARYAWAN TERHADAP SIKAP PENGGUNAAN E-FILING”. (Studi Kasus pada Wajib Pajak di PDAM Wonosari)
Annisa Mardatilla, 13 312 022 (Universitas Islam Indonesia, 2018-07-25)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kebermanfaatan, pengaruh persepsi kemudahan, pengaruh persepsi kepuasan, pengaruh persepsi kompleksitas terhadap penggunaan e-Filling. Hasil penelitian ini ...