PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN STRATEGI MANAJEMEN RANTAI PASOKAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA UM MANUFAKTUR DI KABUPATEN BANTUL)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh orientasi pasar terhadap
kinerja perusahaan pada Usaha Mikro (UM) Manufaktur di Kabupaten Bantul,
mengidentifikasi pengaruh orientasi pasar terhadap strategi SCM pada Usaha
Mikro Manufaktur di Kabupaten Bantul, mengidentifikasi pengaruh strategi SCM
terhadap kinerja perusahaan pada Usaha Mikro Manufaktur di Kabupaten Bantul,
dan mengidentifikasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan melalui
strategi SCM pada Usaha Mikro Manufaktur di Kabupaten Bantul. Sampel yang
diambil adalah sebagian pelaku usaha Usaha Mikro Manufaktur di Kabupaten
Bantul. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu minimal 100 Usaha Mikro
Manufaktur di Kabupaten Bantul. Metode pengujian dan analisis data
menggunakan SPSS dan AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi
pasar memiliki pengaruh signifikan pada kinerja perusahaan pada Usaha Mikro
Manufaktur di Kabupaten Bantul, strategi SCM memiliki pengaruh signifikan pada
kinerja perusahaan pada Usaha Mikro Manufaktur di Kabupaten Bantul, orientasi
pasar memiliki pengaruh signifikan pada Usaha Mikro Manufaktur di Kabupaten
Bantul, dan orientasi pasar memiliki pengaruh signifikan pada kinerja perusahaan
melalu strategi SCM sebagai intervening pada Usaha Mikro Manufaktur di
Kabupaten Bantul.
Collections
- Management [4703]