PENGARUH PERSEPSI PELANGGAN TERHADAP ADOPSI INOVASI PRODUK DIGITAL (STUDI PADA PENGGUNA PLATFORM DIGITAL MARKETPLACE SHOPEE DI YOGYAKARTA)
Abstract
Adopsi inovasi adalah proses menerapkan sebuah ide atau gagasan yang
dianggap baru oleh seorang individu, dalam menerapkan ide tersebut seseorang
dapat dipengaruhi faktor dari luar seperti persepsi pelanggan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi pelanggan yang terdiri atas tiga
unsur yaitu, pemenuhan harapan, kualitas sistem yang dirasakan, dan radikalitas
yang dirasakan, terhadap adopsi inovasi produk digital marketplace Shopee.
Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 160 responden pengguna aktif
Shopee yang berada di wilayah Yogyakarta dengan metode pengambilan sampel
purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi
berganda, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil dari analisis data menunjukkan
bahwa pemenuhan harapan berpengaruh positif signifikan terhadap adopsi inovasi,
kualitas sistem yang dirasakan berpengaruh positif signifikan terhadap adopsi
inovasi, dan radikalitas yang dirasakan juga berpengaruh positif signifikan
terhadap adopsi inovasi.
Collections
- Management [4548]