Determinasi Komunikasi Media Sosial pada Niat Pembelian Pelanggan
Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh variabel Interaktivitas, Relevansi yang Dirasakan, Kebiasaan,
Keinformatifan dan penelitian ini juga menggunakan variabel mediasi yaitu variabel Harapan
Kinerja dan Motivasi Hedonis untuk melihat dampak terhadap Niat Pembelian. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non-probability convenience
sampling dengan kriteria responden yang setidaknya memiliki satu akun platform media sosial.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisoner yang dibuat melalui
google form yang distribusikan secara kuisoner online yaitu melalui platform media sosial dan
melalui LINE dan Whatsapp. Total sampel yang didapatkan pada penelitian ini sebanyak 270
responden.
Hasil akhir penelitian ini menunjukan adanya hasil positif atau signifikan dan terdapat pula
variabel yang tidak signifikan yaitu pada variabel motivasi hedonik, interaktivitas,
keinformatifan, relevansi yang dirasakan pada niat pembelian dan interaktivitas pada harapan
kinerja. Variabel yang signifikan pada penelitian ini interaktivitas pada motivasi hedonis,
keinformatifan pada harapan kinerja, relavansi yang dirasakan pada harapan kinerja dan
kebiasaan, harapan kinerja pada niat pembelian.
Collections
- Management [4527]