ANALISIS PENGEMBANGAN BISNIS MAKANAN SIAP KONSUMSI “SESUAP NASI RICEBOWL”
Abstract
Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor lingkungan internal dan eksternal terhadap keunggulan bersaing dan kinerja bisnis pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden yang merupakan pelaku usaha UMKM di Kota Yogyakarta. Analisis data menggunakan Jalur Path yang diselesaikan dengan teknik Regresi Linier Berganda. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1)Lingkungan internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing; (2) Lingkungan eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing; (3) Lingkungan internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis; (4) Lingkungan eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis; (5) Keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis; (6) Lingkungan internal berpengaruh terhadap kinerja bisnis yang dimediasi oleh keunggulan bersaing; dan (7) Lingkungan eksternal berpengaruh terhadap kinerja bisnis yang dimediasi oleh keunggulan bersaing.
Collections
- Management [4539]