Pengaruh Bahasa Psikologi Positif, Modal Manusia dan Modal Sosial pada Kinerja Crowdfunding Berbasis Donasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh bahasa
psikologi positif, modal manusia dan modal sosial pada pendanaan crowdfunding
berbasis donasi. Kategori sinyal yang digunakan pada bahasa psikologi positif, modal sosial dan modal manusia didasarkan pada biaya yang dikeluarkan dalam
penyampaian sinyal tersebut, sinyal tanpa biaya disebut costless signal sedangkan
sinyal yang memerlukan biaya disebut costly signal. Penelitian ini bersumber dari
salah satu platform crowdfunding di Indonesia bernama Kitabisa.com periode
November - Desember 2020. Data yang digunakan merupakan hasil analisis yang
berfokus pada penggunaan bahasa psikologi positif di dalam proyek crowdfunding
serta penggunaan modal sosial dan manusia sebagai sinyal yang diperkuat oleh
bahasa psikologi positif. Dengan menggunakan pengembangan regresi yaitu GLM
(Generalized Linier Model) penelitian ini membuktikan bahwa bahasa psikologi
positif berpengaruh signifikan terhadap kinerja crowdfunding berbasis donasi. Modal sosial dan modal manusia yang memoderasi bahasa psikologi positif berpengaruh signifikan terhadap kinerja crowdfunding.
Collections
- Management [4591]