PENGARUH KREDIBILITAS SELEBRITI PADA SIKAP TERHADAP IKLAN WARDAH KOSMETIK, PERAN INTRINSIC RELIGIUS SEBAGAI MEDIASI.
Abstract
Penelitian dalam bidang promosi sangat penting karena berguna untuk
memberikan informasi, membujuk atau mengingatkan suatu produk terlebihnya pada
bagian bagaimana sikap konsumen tersebut terhadap promosi atau iklan yang dilakukan.
Periklanan berdasarkan religius yaitu iklan menurut Islam itu tidak melarang. Iklan yaitu
untuk mempromosikan produk dan layanan dengan menggunakan selebriti terutama
perempuan. Menciptakan efektivitas dalam periklanan yaitu dengan cara kita harus
menciptakan ke efektivitas iklan yang berguna untuk mempengaruhi apakah iklan yang
ditayangkan memiliki seberapa besar iklan tersebut berdampak pada konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kredibilitas selebriti, intrinsic religius,
dan sikap terhadap iklan wardah. Populasi yang digunakan untuk penelitian ini adalah
seluruh masyarakat di Yogyakarta yang mengetahui iklan wardah. Data dalam penelitian
ini adalah primer dengan menggunakan kuesioner online kepada 195 responden dengan
pengambilan teknik sampel yang digunakan adalah penelitian dengan convenience
sampling. Analisis yang dilakukan menggunakan strucutural Equation Modeling (SEM)
dan diolah menggunakan program AMOS versi 26.
Data variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu :
kredibilitas selebriti, intrinsic religius, dan sikap terhadap iklan. Hasil dari analisis data
menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara kredibilitas selebriti dan sikap
terhadap iklan namun intrinsic religius mempunyai pengaruh negatif atau tidak signifikan
saat mempengaruhi sikap terhadap ikan.
Collections
- Management [4703]