DESAIN SITUS WEB PERDAGANGAN SOSIAL, NILAI YANG DIRASAKAN, DAN NIAT PERILAKU LOYALITAS: PERAN MODERASI DARI JENIS KELAMIN, USIA, DAN FREKUENSI PENGGUNAAN
Abstract
Perkembangan teknologi di era saat ini mengalami perubahan yang sangat
cepat sehingga mempengaruhi dalam hal berbisnis, salah satu contohnya adalah
penggunaan media sosial yang sangat luas oleh para konsumen yang berada di
Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman
loyalitas pelanggan terhadap situs web perdagangan sosial. mengetahui pengaruh
pemahaman dalam konteks perdagangan sosial, antara lain anteseden nilai yang
dirasakan pelanggan, niat perilaku dan efek moderasi dari usia, jenis kelamin dan
frekuensi penggunaan social commerce pada hubungan model. Pada penelitian ini
menggunakan metode survei item kuesioner tertutup dan teknik convenience
sampling di Indonesia yang memperoleh 317 responden sesuai kriteria yang telah
ditentukan. Pengujian pada penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM (Partial
Least Square-SEM) dengan aplikasi SmartPLS versi 3.3.9. Hasil yang diperoleh
dari penelitian ini adalah bahwa tujuh hipotesis diterima sedangkan tiga hipotesis
yang menggunakan efek moderasi hanya moderasi jenis kelamin yang memberikan
adanya hasil yang signifikan. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh para penjual
yang menggunakan situs web perdagangan sosial ini untuk dijadikan bahan
referensi dalam mengembangkan bisnis dengan mempertimbangkan pengaruh
kualitas informasi, kualitas layanan, penghargaan & pengakuan, kustomisasi, nilai
yang dirasakan, nilai e-WOM Positif, niat perilaku keterlibatan pelanggan dan
dengan efek moderasi jenis kelamin, usia serta frekuensi penggunaan.
Collections
- Management [4552]