DAMPAK KRISIS PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERILAKU STOCKING DAN PEMBELIAN IMPULSIF KONSUMEN DI KOTA TASIKMALAYA
Abstract
Pada awal tahun 2020, terdapat suatu pandemi yang menggemparkan masyarakat
dunia, yaitu COVID-19, yang memiliki dampak terhadap seluruh aspek kehidupan
masyarakat, termasuk pola perilaku konsumen. Penelitian ini memiliki tujuan untuk
menganalisis dampak dari ketakutan konsumen akibat pandemi COVID-19
terhadap perilaku konsumen, khususnya pada perilaku penimbunan (stocking) serta
perilaku pembelian impulsive konsumen di daerah kota Tasikmalaya. Objek dari
penelitian ini dikelompokan menggunakan metode A non-probabilitas dengan
teknik convenience sampling, yang mana objek penelitian itu sendiri merupakan
masyarakat yang berada di kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Sampel penelitian yang
didapat pada penelitian ini adalah sebanyak 261 respnoden dari berbagai macam
kalangan umur mulai dari kurang dari 20 tahun hingga 30 tahun ke atas. Teknik
serta pengolahan data yang diterapkan pada penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan
software AMOS 24. Berdasarkan dari penelitian yang sudah dilakukan, didapatkan
hasil bahwa ketakutan konsumen terhadap pandemi COVID-19 memiliki pengaruh
yang positif serta signifikan terhadap perilaku penimbunan konsumen dan juga
memiliki pengaruh yang sama terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen.
Collections
- Management [4548]