Overconfidence, Loss Aversion, Dan Herding Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Pasar Modal Pada Generasi Z
Abstract
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis
adakah pengaruh antara overconfidence, loss aversion, dan herding bias terhadap
keputusan investasi di pasar modal oleh generasi Z. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode pengambilan sampel non-probablity
sampling dan teknik purposive sampling. Sampel yang diteliti pada penelitian ini
adalah seorang investor yang termasuk dalam generasi Z yang lahir pada tahun
1993-2005 (Turner, 2015) dan aktif berinvestasi. Metode analisis data pada
penelitian ini menggunakan metode SEM menggunakan software smartPLS.
Tahapan uji yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, collinearity tes,
path coefficient, dan uji R-square. Hasil dari penelitian yang dilakukan
menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan pada ketiga variabel
dependen yaitu overconfidence, loss aversion, dan herding bias terhadap variabel
independen yaitu keputusan investasi. Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam
penyebaran kuesioner dan diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat melakukan
perluasan responden.
Collections
- Management [4527]