MODEL PERILAKU WISATA BELANJA DI DESTINASI YOGYAKARTA
Abstract
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas
pengalaman terhadap persepsi nilai, kepuasan, citra dan perilaku konsumen pada
wisata belanja di Yogyakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah
masyarakat Indonesia atau wisatawan yang sebelumnya pernah berbelanja di Daerah
Istimewa Yogyakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer
melalui survei yang disebarkan menggunakan kuesioner dengan 256 responden. Pada
penelitian ini purposive sampling dipilih sebagai metode pengambilan sampel. Uji
analisis dilakukan dengan menggunakan metode SEM dan diolah menggunakan
AMOS versi 24.0. Data variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitas
pengalaman, persepsi nilai, kepuasan, citra dan perilaku konsumen.
Variabel-variabel tersebut membentuk delapan hipotesis. Hasil dari analisis
data berhasil menunjukkan bahwa hipotesis tersebut berpengaruh positif dan
signifikan hanya saja ada satu hipotesis yang berpengaruh positif namun tidak
signifikan. (1) Kualitas pengalaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap
persepsi nilai, (2) Kualitas pengalaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap
viii
citra, (3) Kualitas pengalaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepercayaan, (4) Persepsi nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan,
(5) Citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, (6) Persepsi nilai
berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku wisatawan, (7) Citra
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perilaku wisatawan, (8) Kepuasan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku wisatawan.
Collections
- Management [4578]