Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pengembangan Produk Baru Yang Dimediasi Oleh Inovasi Model Bisnis ( Studi Empiris Pada Umkm Ekonomi Kreatif Di Kabupaten Bantul )
Abstract
Penelitian ini untuk memberi tujuan dalam mengetahui penelitian hubungan
serta pengaruh antara variabel orientasi kewirausahaan, kinerja pengembangan produk
baru, dan inovasi model bisnis. Data yang akan disajikan dalam penelitian ini
didapatkan dari hasil penyebaran kuesioner dari 120 UMKM dari sektor ekonomi
kreatif di Kabupaten Bantul. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling.
Penelitian ini menggunakan purposive sampling sebab diperlukan kriteria khusus pada
sampel yang akan diambil sehingga dapat menjawab permasalahan penelitian selain itu
dapat memberikan nilai yang representatif. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software
AMOS 24. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pada
variable orientasi kewirausahaan, kinerja pengembangan produk baru, dan inovasi
model bisnis.
Collections
- Management [4548]