PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KAPABILITAS INOVASI TERHADAP KEBERLANJUTAN KINERJA UKM DI KAWASAN OBJEK WISATA ROWO JOMBOR
Abstract
Dengan adanya peningkatan globalisasi, penting dalam UKM (Usaha Kecil
Menengah) untuk mengadopsi media sosial secara signifikan guna meningkatkan
keberlanjutan kinerja UKM dan kemampuan dalam berinovasi sebagai salah satu
cara untuk bertahan serta berkembang di pasar untuk berbaur dalam persaingan
yang sangat kompetitif. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
atau metode survey dan dilakukan di daerah khususnya Kawasan Objek Wisata
Rowo Jombor, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan
penyebaran kuesioner pada 50 responden pelaku UKM yang ada di Kawasan Objek
Wisata Rowo Jombor dan diuji menggunakan IBM SPSS 26. Hasil ini menunjukkan
adanya pengaruh penggunaan media sosial dan kapabilitas inovasi terhadap
keberlanjutan kinerja UKM di Kawasan Objek Wisata Rowo Jombor. Nilai uji
hipotesis variabel penggunaan media sosial menunjukkan nilai 0,009 dan variabel
kapabilitas inovasi menunjukkan nilai 0,007 yang artinya bahwa kedua variabel
memiliki pengaruh terhadap variabel keberlanjutan kinerja UKM.
Collections
- Management [4703]