PERSEPSI NILAI KONSUMEN TERHADAP APLIKASI PEMBELIAN PRODUK ONLINE DI INDONESIA (Tokopedia, Shopee, dan Lazada)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh
visibilitas, sikap, persepsi nilai konsumen, dan niat beli konsumen dalam membeli
sebuah produk/jasa menggunakan aplikasi belanja online atau e-commerce.
Pengujian model dan hipotesis dilakukan dengan sampel 260 responden dengan
populasi yang merupakan pengguna alat elektronik dengan internet. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode Structural
Equation Modeling (SEM) dikembangkan untuk menguji hipotesis penelitian yang
diolah dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) versi 3.0
Variabel data yang digunakan dalam hal ini antara lain visibilitas, sikap,
nilai konsumsi, dan niat beli konsumen. Variabel-variabel ini membentuk 3
hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa visibilitas dan sikap
berpengaruh positif terhadap nilai konsumsi. Nilai konsumsi berpengaruh positif
terhadap niat beli konsumen.
Collections
- Management [4574]