Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Return Saham
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengungkapan
Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Return Saham dengan jenis
industri sebagai variabel moderasi. Variabel corporate social responsibility
sebagai variabel independent diukur dengan menggunakan indeks Global
Reporting Initiative (GRI G4) yang terdiri dari lingkungan, energi, tenaga kerja
dan kenyamanan bekerja, produk, dan masyarakat yang total keseluruhan ada 59
item kriteria pengungkapan CSR. Sedangkan variabel dependen yang digunakan
adalah return saham. Dengan jenis industri dalam penelitian ini sebagai variabel
moderasi. ROA dan size dalam penelitian ini sebagai variabel kontrol. Penelitian
ini menggunakan metode purposive sampling sebagai teknik pengumpulan data.
Total sampel dalam penelitian ini adalah 163 perusahaan Manufaktur yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2019. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Pengungkapan CSR secara signifikan tidak berpengaruh
positif terhadap return saham. Selain itu jenis industri secara signifikan tidak
memengaruhi hubungan antara pengungkapan CSR terhadap return saham.
Collections
- Management [4703]