Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen di Pamella 3 Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Kualitas Palayanan dan Hargaterhadap Kepuasan Konsumen dan Pengaruh Kualitas Pelayanan,Harga,dan Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen Pamella 3 Yogyakarta. Dalam penelitian ini, kualitas pelayanan dijelaskan dalam 5 dimensi yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, danemphaty. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Pamella 3 yang ada di Yogyakarta. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 96 responden yang dianggap telah cukup mewakili populasi yang diteliti. Teknik penarikan sampel menggunakan metode Convinien cesampling yaitu sampel yang diambil berdasarkan spontanitas, artinya siapa saja yang tidak sengaja bertemu dengan peneliti dan sesuai dengan karakteristiknya, maka orang tersebut dapat dijadikan sampel. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif responden dan analisis regresi linier berganda
Hasil analisis regresi berganda 1 menemukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Kualitas pelayanan dan Harga secara bersama-sama dan parsial terhadap Kepuasan konsumen. Dari seluruh variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen adalah dimensi responsiveness. Hal ini berarti dimensi responsiveness merupakan pertimbangan utama bagi kepuasan konsumen di Pamella 3 Yogyakarta. Hasil regresi berganda 2 menemukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variable Kualitas pelayanan, Harga, dan Kepuasan secara bersama-sama dan parsial terhadap Loyalitas konsumen. Dari seluruh variable yang paling dominan mempengaruhi Loyalitas konsumen adalah dimensi emphaty. Hal ini berarti dimensi emphaty merupakan pertimbangan utama bagi Loyalitas konsumen di Pamella 3 Yogyakarta.
Collections
- Management [4703]