Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Di Toko Kopi Kita Kota Padang
Abstract
Toko Kopi Kita Padang merupakan Coffee shop yang modern yang hanya berawal dari
gerai kecil yang berada di jalan Andalas, padang dengan nama Kopi Kita. Kopi Kita ini
berjalan dengan baik dan berkembang pesat. Dikarenakan perkembangan yang baik tersebut
pemilik Kopi Kita Padang mencoba mengembangkan bisnis coffe shopnya dengan
memindahkan lokasi yang awalnya di jalan andalas kemudian dipidahan ke lokasi baru di jalan
Abdul Muis, Jati, Padang dengan Tempat yang lebih besar dan lebih luas agar masyarakat kota
padang dapat menikmati Kopi dengan suasana yang lebih nyaman pada bulan Maret 2020.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan jumlah sample dalam
penelitian ini sebanyak 95 orang reponden. Teknik sampling yang digunakan adalah Non
Probability Sampling dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik Accidental Sampling (Convenience Sampling) merupakan teknik pengambilan
sampel ketika peneliti tidak memiliki data tentang populasi dalam bentuk sampling frame dan
peneliti memilih sampel berdasarkan kemudahan dalam mengambil/memilih sampel. Metode
analisis data penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas, teknik analisis data
menggunakan uji normalitas, uji t serta uji f. Hasil uji dan analisis yang didapatkan digunakan
untuk menguji teori yang digunakan yang menjelaskan bahwa komunikasi pemasaran
merupakan faktor yang bisa mendorong kepuasan konsumen.
Melalui pengujian hipotesis didapatkan hasil bahwa ketiga hipotesis penelitian yang
digunakandalam penelitian ini diterima. Hasil dari penelitian ini juga menunjukan komunikasi
pemasaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal tersebut dapat dilihat
dari nilai T-hitung sebesar 6.910 dan T-tabel 5.409 dengan taraf signifikasi yaitu 0,000. Hal
ini dapat diartikan bahwa komunikasi pemasaran dapat berpengaruh positif terhadap kepuasan
konsumen di Toko Kopi Kita Padang. Sedangkan berdasarkan hasil dari analisis regresi
sederhana yang dilakukan nilai koefisien regresi memiliki nilai sebesar Y=16,125. Dapat
diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) yaitu sebesar 0,339 atau 33,9%. Hal ini
menunjukan bahwa koefisisen deteminasi yang berarti bahwa secara variabel komunikasi
pemasaran berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan sisanya di pengaruhi oleh
variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Apabila komunikasi pemasaran
terlaksana dengan baik maka hal tersebut akan memberikan kepuasan kepada konsumen di
Toko Kopi Kita Padang.
Collections
- Communication [965]