Pengaruh Consumer Traits Dan Faktor Situasionalterhadap Online Impulsive Buying Dengan (Studi Pada Pengguna Ecomerrce Tokopedia Selama Pandemi Covid-19)
Abstract
Dunia mengalami keterbatasan dalam beraktivitas dikarenakan Virus
Corona (Covid 19) yang muncul pada akhir Tahun 2019 pertama kali di Cina. Sejak
diterapkan kebijakan lockdown berbasis Covid 19 dan pembatasan jam operasional
toko, masyarakat menjadi merasa sangat terbatas dalam memenuhi kebutuhan
harian mereka. Kondisi tersebut merubah pola perilaku konsumen yang awalnya
terbiasa membeli produk secara offline atau langsung mengunjungi toko fisik, kini
beralih menjadi online.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh variabel Consumer Traits yang yang diwakili oleh sub variabelnya,
berupa impulsive buying tendency, Shopping Enjoyment Tendency, Consumer
Mood dan Person Situations, serta variabel Faktor Situasional antara lain: Website
Quality, Motivational activities by retailers, dan Product attributes terhadap online
impulsive buying. Tujuan lain adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor
mana yang memberikan pengaruh terbesar dalam mendorong perilaku impulsive
buying. penelitian ini menggunakan Analisis model persamaan struktural (SEM)
digunakan untuk menganalisis 200 sampel yang dapat digunakan dan diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling, dan kemudian akan diolah
dengan bantuan software data Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian menemukan bahwa pertama, ada lima hipotesis yang
diterima dimana faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif online,
seperti kecenderungan pembelian impulsif, suasana hati konsumen, situasi
konsumen aktivitas motivasi pengecer dan atribut produk. Kedua, faktor lain seperti
kecenderungan kenikmatan berbelanja, dan kualitas situs web tidak menjadi
penentu dalam online impulsive buying. Lebih lanjut, penelitian ini menunjukkan
bahwa kecenderungan pembelian impulsif sebagai salah satu Consumer Traits yang
memiliki pengaruh paling signifikan dalam mendorong pengguna E-Commerce
untuk melakukan pembelian impulsif, sedangkan atribut produk berperan sebagai
pengaruh terbesar dalam faktorsituasional yang dilihat darisisi perusahaan/penjual.
Collections
- Master of Management [408]