Analisis Pengaruh Sumber Informasi Dan Social Learning Theory Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi Covid-19 yang selama 2 tahun terakhir ini melanda dunia menyebabkan
banyak perubahan dalam aktivitas masyarakat termasuk dalam kegiatan
berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari forum dan
komunitas, peringkat dan telaah, rekomendasi sosial media, penilaian kognitif,
serta penilaian afektif terhadap keputusan pembelian di aplikasi Shopee. Adapun
populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu laki-laki dan perempuan
indonesia berusia 18 – 25 tahun yang sudah pernah menggunakan aplikasi Shopee
untuk berbelanja online . Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini
sebanyak 277 responden. Data penelitian ini adalah data primer yang
dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner yang dilakukan dengan cara
survey secara daring menggunakan Google Form. Metode yang digunakan dalam
menganalisis data yakni analisis SEM (Structural Equation Model) dengan
menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa forum dan
komunitas memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap penilaian
afektif dan penilaian kognitif; telaah dan pemeringkatan memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap penilaian afektif dan kognitif; rekomendasi sosial media
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penilaian afektif dan kognitif;
penilaian afektif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; dan penilaian kognitif memiliki pengaruh positif terhadap keputusan
pembelian.
Collections
- Management [4552]