Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Minat Belajar Dan Konsentrast Belajar Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia Di Sman 1 Mlati Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui minat belajar kimia peserta
didik kelas XI SMA Negeri 1 Mlati pada penerapan model pembelajaran concept
attainment pada materi kesetimbangan kimia, 2) Untuk mengetahui ada tidaknya
perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran concept attainment
terhadap minat belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Mlati pada materi
kesetimbangan kimia, 3) Mengetahui konsentrasi belajar kimia peserta didik kelas
XI SMA Negeri 1 Mlati pada penerapan model pembelajaran concept attainment
pada materi kesetimbangan kimia, 4) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan
yang signifikan pada penerapan model pembelajaran concep! attainment terhadap
konsentrasi belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Mlati pada materi
kesetimbangan kimia. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Mlati tahun ajaran
2022/2023 yang berjumlah empat kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI
IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan
teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Pengumpulan data
menggunakan teknik non tes yaitu melalui angket jenis angket tertutup. Teknik
analisis data untuk variabel minat belajar menggunakan statistika non parametrik
Mann Whitney dan untuk variabel konsentrasi belajar menggunakan statistika non
parametrik Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) Minat belajar kimia peserta didik kelas XI SMA Negeri | Mlati pada
penerapan model pembelajaran concept attainment pada materi kesetimbangan
kimia mendapatkan kriteria baik, 2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada
penerapan model pembelajaran concept attainment terhadap minat belajar peserta
didik kelas XI SMAN 1 Mlati pada materi kesetimbangan kimia dengan nilai
signifikansi sebesar 0,004 < 0,05; 3) Konsentrasi belajar kimia peserta didik kelas
XI SMA Negeri | Mlati pada penerapan model pembelajaran concept attainment
pada materi kesetimbangan kimia mendapat kriteria baik, 4) Terdapat perbedaan
yang signifikan pada penerapan model pembelajaran concept attainment terhadap
konsentrasi belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Mdlati pada materi
kesetimbangan kimia dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05.
Collections
- Chemistry Education [326]