Show simple item record

dc.contributor.authorDELLA PUTRI AMANDA
dc.date.accessioned2023-02-08T04:00:51Z
dc.date.available2023-02-08T04:00:51Z
dc.date.issued2023-01-18
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42401
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui minat belajar kimia peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Mlati pada penerapan model pembelajaran concept attainment pada materi kesetimbangan kimia, 2) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran concept attainment terhadap minat belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Mlati pada materi kesetimbangan kimia, 3) Mengetahui konsentrasi belajar kimia peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Mlati pada penerapan model pembelajaran concept attainment pada materi kesetimbangan kimia, 4) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran concep! attainment terhadap konsentrasi belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Mlati pada materi kesetimbangan kimia. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Mlati tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah empat kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik non tes yaitu melalui angket jenis angket tertutup. Teknik analisis data untuk variabel minat belajar menggunakan statistika non parametrik Mann Whitney dan untuk variabel konsentrasi belajar menggunakan statistika non parametrik Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Minat belajar kimia peserta didik kelas XI SMA Negeri | Mlati pada penerapan model pembelajaran concept attainment pada materi kesetimbangan kimia mendapatkan kriteria baik, 2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran concept attainment terhadap minat belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Mlati pada materi kesetimbangan kimia dengan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05; 3) Konsentrasi belajar kimia peserta didik kelas XI SMA Negeri | Mlati pada penerapan model pembelajaran concept attainment pada materi kesetimbangan kimia mendapat kriteria baik, 4) Terdapat perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran concept attainment terhadap konsentrasi belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Mdlati pada materi kesetimbangan kimia dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Minat Belajar Dan Konsentrast Belajar Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia Di Sman 1 Mlati Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023en_US
dc.Identifier.NIM19614002


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record