Persepsi Remaja Terhadap Judul Berita Clickbait Pada Media Hipwee.Com Dan Brilio.Net
Abstract
Meningkatnya jumlah pengguna media sosial di Indonesia, mau tak mau
membuat para produsen konten berita media online untuk beradaptasi. Mereka
kemudian membuat berita untuk platform di media sosial. Tujuannya adalah untuk
meningkatkan traffic atau kunjungan di situs utama media online. Para produsen konten
berita membutuhkan strategi yang tepat dan jitu dalam menarik perhatian. Salah satu
strategi yang sering digunakan adalah Clickbait. Penelitian ini membahas terkait dengan
judul clickbait di Hipwee dan Brilio. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimana persepsi anak muda dalam menanggapi judul berita clickbait pada media
hipwee.com dan brilio.net. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi
anak muda terhadap judul berita clickbait pada media hipwee.com dan brilio.net.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik
pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik wawancara yang
digunakan adalah wawancara mendalam dan terstruktur, dengan menggunakan
pedoman wawancara.
Hasil penelitian menemukan bahwa persepsi remaja terhadap judul berita
clickbait pada media hipwee.com dan brilio.net berbeda-beda baik positif maupun
negatif. Berdasarkan persepsi negatif dapat dipahami bahwa mereka melihat judul
berita clickbait pada media hipwee.com dan brilio.net terkadang tidak sesuai dengan isi
beritanya, sehingga hal ini membuat mereka kecewa. Oleh karena itu, judul berita
semacam ini dapat menyesatkan pembacanya. Akan tetapi, terkadang mereka juga
memberikan persespi yang postif karena mereka menyadari bahwa media tersebut
memang harus memberikan judul semacam ini untuk meningkatkan jumlah pembaca
dan mendapatkan penghasilan dari iklan. Oleh karena itu, seiring dengan pengalaman
dalam mengkonsumsi media online maka mereka juga semakin bijaksana ketika
mendengar berita dengan judul semacam ini. Ada kalanya mereka menyebarkannya
kepada orang lain agar orang-orang di sekitar mereka memahami bahwa berita ini tidak
benar, tetapi ada juga anak muda yang menganggap berita yang menampilkan judul
clickbait tidak penting, sehingga tidak perlu disebarluaskan. Oleh karena itu, mereka
harus membaca berita dari media seperti Hipwee dan Brilio secara keseluruhan dan
teliti agar mengetahui informasi berita yang disampaikan secara akurat, lengkap, benar
dan adil.
Collections
- Communication [943]