Show simple item record

dc.contributor.authorASHFIA KAFIATI
dc.date.accessioned2023-02-07T01:42:47Z
dc.date.available2023-02-07T01:42:47Z
dc.date.issued2022-12-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42272
dc.description.abstractMeningkatnya jumlah pengguna media sosial di Indonesia, mau tak mau membuat para produsen konten berita media online untuk beradaptasi. Mereka kemudian membuat berita untuk platform di media sosial. Tujuannya adalah untuk meningkatkan traffic atau kunjungan di situs utama media online. Para produsen konten berita membutuhkan strategi yang tepat dan jitu dalam menarik perhatian. Salah satu strategi yang sering digunakan adalah Clickbait. Penelitian ini membahas terkait dengan judul clickbait di Hipwee dan Brilio. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi anak muda dalam menanggapi judul berita clickbait pada media hipwee.com dan brilio.net. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi anak muda terhadap judul berita clickbait pada media hipwee.com dan brilio.net. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik wawancara yang digunakan adalah wawancara mendalam dan terstruktur, dengan menggunakan pedoman wawancara. Hasil penelitian menemukan bahwa persepsi remaja terhadap judul berita clickbait pada media hipwee.com dan brilio.net berbeda-beda baik positif maupun negatif. Berdasarkan persepsi negatif dapat dipahami bahwa mereka melihat judul berita clickbait pada media hipwee.com dan brilio.net terkadang tidak sesuai dengan isi beritanya, sehingga hal ini membuat mereka kecewa. Oleh karena itu, judul berita semacam ini dapat menyesatkan pembacanya. Akan tetapi, terkadang mereka juga memberikan persespi yang postif karena mereka menyadari bahwa media tersebut memang harus memberikan judul semacam ini untuk meningkatkan jumlah pembaca dan mendapatkan penghasilan dari iklan. Oleh karena itu, seiring dengan pengalaman dalam mengkonsumsi media online maka mereka juga semakin bijaksana ketika mendengar berita dengan judul semacam ini. Ada kalanya mereka menyebarkannya kepada orang lain agar orang-orang di sekitar mereka memahami bahwa berita ini tidak benar, tetapi ada juga anak muda yang menganggap berita yang menampilkan judul clickbait tidak penting, sehingga tidak perlu disebarluaskan. Oleh karena itu, mereka harus membaca berita dari media seperti Hipwee dan Brilio secara keseluruhan dan teliti agar mengetahui informasi berita yang disampaikan secara akurat, lengkap, benar dan adil.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titlePersepsi Remaja Terhadap Judul Berita Clickbait Pada Media Hipwee.Com Dan Brilio.Neten_US
dc.Identifier.NIM15321084


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record