Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pembelian Terhadap Smartphone Di Yogyakarta
Abstract
Tujuan dari penelitian ini bermaksud untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi
minat pembelian terhadap smartphone di Yogyakarta. Variabel penelitian ini
menggunakan fitur produk, merek, pengaruh sosial, dan harga sebagai variabel
independen, sedangkan minat pembelian konsumen sebagai variabel dependen.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Yogyakarta dengan rentang usia 17
sampai dengan 50 tahun yang memiliki smartphone. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan yaitu convenience sampling dengan jumlah sebanyak 150 mahasiswa di
Yogyakarta pada kriteria yang telah ditentukan. Kuesioner digunakan sebagai metode
pengumpulan data dengan pendeketan kuantitatif serta model regresi linier berganda
sebagai analisis data. Hasil pada penelitian ini mengungkapkan bahwa fitur produk
berpengaruh terhadap minat pembelian pada smartphone, merek tidak berpengaruh
terhadap minat pembelian pada smartphone, pengaruh sosial berpengaruh positif
terhadap minat pembelian pada smartphone, dan harga berpengaruh terhadap minat
pembelian pada smartphone.
Collections
- Management [4630]