Wicapu Kreatif Jasa Dan Bahan Komposit
Abstract
Wicapu Kreatif merupakan bisnis jasa manufaktur dan penyedia bahan-bahan komposit.
Bisnis ini melayani pembuatan cetakan custom tanpa minimal order. Dasar bisnis diambil dari
hasil skripsi S1 penulis dipicu dari kekurangan literasi saat menyusun skripsi. Dengan membuka
diskusi di youtube untuk mendapatkan masukan guna mendapat link literasi justru yang di dapat
penulis adalah pesanan. Nama Wicap Kreatif diambil dari nama pendiri bisnis. Wicapu Kreatif
terus melakukan inovasi dan terus mengikuti perubahan perilaku konsumen khususnya situasi
pandemi Covid-19 yang dimana kebutuhan dan kebiasaan manusia yang berubah. Bisnis Custom
sangat menjanjikan karena era ini custom lebih digemari. Wicapu Kreatif selain menerapkan
sistem custom juga memiliki ciri khas khusus yaitu melakukan pendampingan terhadap
penggunaan produk. Wicapu Kreatif terbuka dan terus berkomunikasi guna memitigasi
kebutuhan konsumen. memotong-motong kebutuhan konsumen setipis mungkin guna bisa
membuat produk yang benar-benar sesuai keinginan konsumen. Dengan keunggulan custom dan
pendampingan, Wicapu Kreatif mampu menambah nilai yang diterima dari konsumen dari
produk yang mereka beli.
Wicapu Kreatif di dirikan oleh Wisnu Cahyo Purnomo pada tahun 2018 di Sleman, yang
ide bisnis didapat dari tugas akhir teknik mesin. Tahun 2017 Wicapu Kreatif telah berjalan tetapi
hanya fokus dalam mengenal pasar dan penyempurnaan alur produksi. Wicapu Kreatif telah
melakukan pengemangan bisnis dengan cara mendaftarkan HKI logo dan proses produksi,
pembuatan legal CV, di tambah dengan menyediakan bahan-bahan komposit seperti resin,
katalis dan fiber. Pengembangan produk perlu dikomunikasikan ke konsumen melalui semua
sosial media kami terutama Youtube. Youtube Wicapu Kreatif sudah memiliki 76.000
Subscriber dan termonetisasi, instagram 6.600 pengikut. Dari sosial media, Wicapu kreatif juga
bisa menghasilkan pemasukan yang hasil pemasukan dari sosial media kami gunakan untuk
membuat konten. Media sosial kami lainnya ada tiktok, web, blog, facebook, Whatsapp dan
Telegram. Wicapu Kreatif juga mendampingi konsumen yang telah membeli produk dengan cara
pembuatan panduan cara penggunaan dan perawatan, jawab-jawab pertanyaan serta diskusi di
media sosial maupun secara khusus melakukan zoom dengan konsumen.
Pendapatan Wicapu Kreatif tahun 2021 yang dimana dapat meningkat dari tahun 2020.
Tetap menguntungkan walaupun melakukan penjualan di saat pandemi Covid-19. Strategi
diferensiasi produk dilakukan untuk tetap bisa meningkatkan penjualan dengan menjual produk
lini covid yang dimana dibutuhkan masyarakat karena terjadi perilaku kebutuhan konsumen yang
disebabkan pandemi. Setelah berlalunya pandemi, Kebutuhan konsumen tetap berlangsung
dikarenakan saat pandemi konsumen memulai usaha baru karena dirumahkan dan setelah
pandemi berlalu usaha mereka yang didukung oleh produk Wicapu Kreatif tetap berjalan dan
orderan terus meningkat. Tahun 2022 ini sampai semester 1 berakhir penjualan sudah melebihi
separuh dari tahun 2021.
Collections
- Master of Management [408]