Show simple item record

dc.contributor.authorWISNU CAHYO PURNOMO
dc.date.accessioned2023-02-02T03:41:32Z
dc.date.available2023-02-02T03:41:32Z
dc.date.issued2022-12-31
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42263
dc.description.abstractWicapu Kreatif merupakan bisnis jasa manufaktur dan penyedia bahan-bahan komposit. Bisnis ini melayani pembuatan cetakan custom tanpa minimal order. Dasar bisnis diambil dari hasil skripsi S1 penulis dipicu dari kekurangan literasi saat menyusun skripsi. Dengan membuka diskusi di youtube untuk mendapatkan masukan guna mendapat link literasi justru yang di dapat penulis adalah pesanan. Nama Wicap Kreatif diambil dari nama pendiri bisnis. Wicapu Kreatif terus melakukan inovasi dan terus mengikuti perubahan perilaku konsumen khususnya situasi pandemi Covid-19 yang dimana kebutuhan dan kebiasaan manusia yang berubah. Bisnis Custom sangat menjanjikan karena era ini custom lebih digemari. Wicapu Kreatif selain menerapkan sistem custom juga memiliki ciri khas khusus yaitu melakukan pendampingan terhadap penggunaan produk. Wicapu Kreatif terbuka dan terus berkomunikasi guna memitigasi kebutuhan konsumen. memotong-motong kebutuhan konsumen setipis mungkin guna bisa membuat produk yang benar-benar sesuai keinginan konsumen. Dengan keunggulan custom dan pendampingan, Wicapu Kreatif mampu menambah nilai yang diterima dari konsumen dari produk yang mereka beli. Wicapu Kreatif di dirikan oleh Wisnu Cahyo Purnomo pada tahun 2018 di Sleman, yang ide bisnis didapat dari tugas akhir teknik mesin. Tahun 2017 Wicapu Kreatif telah berjalan tetapi hanya fokus dalam mengenal pasar dan penyempurnaan alur produksi. Wicapu Kreatif telah melakukan pengemangan bisnis dengan cara mendaftarkan HKI logo dan proses produksi, pembuatan legal CV, di tambah dengan menyediakan bahan-bahan komposit seperti resin, katalis dan fiber. Pengembangan produk perlu dikomunikasikan ke konsumen melalui semua sosial media kami terutama Youtube. Youtube Wicapu Kreatif sudah memiliki 76.000 Subscriber dan termonetisasi, instagram 6.600 pengikut. Dari sosial media, Wicapu kreatif juga bisa menghasilkan pemasukan yang hasil pemasukan dari sosial media kami gunakan untuk membuat konten. Media sosial kami lainnya ada tiktok, web, blog, facebook, Whatsapp dan Telegram. Wicapu Kreatif juga mendampingi konsumen yang telah membeli produk dengan cara pembuatan panduan cara penggunaan dan perawatan, jawab-jawab pertanyaan serta diskusi di media sosial maupun secara khusus melakukan zoom dengan konsumen. Pendapatan Wicapu Kreatif tahun 2021 yang dimana dapat meningkat dari tahun 2020. Tetap menguntungkan walaupun melakukan penjualan di saat pandemi Covid-19. Strategi diferensiasi produk dilakukan untuk tetap bisa meningkatkan penjualan dengan menjual produk lini covid yang dimana dibutuhkan masyarakat karena terjadi perilaku kebutuhan konsumen yang disebabkan pandemi. Setelah berlalunya pandemi, Kebutuhan konsumen tetap berlangsung dikarenakan saat pandemi konsumen memulai usaha baru karena dirumahkan dan setelah pandemi berlalu usaha mereka yang didukung oleh produk Wicapu Kreatif tetap berjalan dan orderan terus meningkat. Tahun 2022 ini sampai semester 1 berakhir penjualan sudah melebihi separuh dari tahun 2021.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleWicapu Kreatif Jasa Dan Bahan Kompositen_US
dc.Identifier.NIM20911035


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record