Strategi Public Relations Dalam Melakukan Rebranding Hotel (Studi Kasus Amaris Hotel Menjadi Lynn Hotel Serang)
Abstract
Rebranding merupakan bentuk pembaharuan berkaitan dengan positioning, berbagai
macam strategi, pesan, produk, sistem visual, nama perusahaan sampai dengan identitas
perusahaan. Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana proses rebranding yang terjadi pada
Amaris Hotel menjadi LYNN Hotel Serang. Salah satu usaha milik PT. LYNN Property yang
sudah sejak awal menjalin hubungan kerja sama dengan brand Amaris dalam pengoperasian
hotel, telah memutuskan untuk melepas ikatan kerjasama yang sudah terjalin.
Adapun penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan LYNN
Hotel Serang dalam melakukan rebranding serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung
dalam proses rebranding tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Relationship Management Theory dengan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan
data penelitian ini adalah observasi, wawacara, dan dokumentasi. Setelahnya peneliti akan
menganalisis data-data yang didapat.
Penelitian ini menunjukan hasil temuan dari analisis yang dilakukan berdasarkan tujuh
tahapan dari corporate rebranding yaitu triggering yang terjadi pada LYNN Hotel Serang dilatar
belakangi oleh keinginan perusahaan untuk mengembangkan hotel secara mandiri dan memperluas
jaringan brand LYNN. Kemudian untuk hasil analyzing and decision making, LYNN Hotel Serang
telah melakukan analisis pasar, analisis pesaing, dan persaingan. Untuk tahapan planning sendiri,
LYNN Hotel Serang ingin memproyeksikan hotel kedalam MICE Hotel atau pemanfaatan hall yang
lebih besar, dengan prepare yang yang dilakukan terhitung sejak awal Juni-Juli 2020. Hasil dari
implementing LYNN Hotel Serang yaitu dengan mengadakan meeting internal secara berkala,
dilanjutkan dengan mengurus perizinan ke pihak instansi terkait agar dapat beroperasi dimasa
pandemi. Tahap keberhasilan dalam rebranding ini terlihat dari peningkatan jumlah hunian kamar
yang meningkat setelah dilakukannya rebranding, dan tahap continuing ini LYNN Hotel Serang
selalu menyediakan guest comment serta melakukan evaluasi karyawan.
Collections
- Communication [943]