Analisis Isi Objektivitas Channel Youtube Gadgetin Dalam Mereview Produk Smartphone
Abstract
Penelitian ini menyajikan analisis konten terhadap objektivitas video
review smartphone di media kanal gadget YouTube. Penelitian ini berfokus
pada mengidentifikasi analisis konten objektif video review smartphone oleh
David Gadgetin dari media sosial YouTube. Penelitian ini menggunakan
metode analisis isi kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan coding
sheets. Konsep objektivitas oleh J. Westerstahl dipilih sebagai konsep untuk
mengukur objektivitas, yang kemudian dioperasionalkan dalam beberapa
indikator. Karena kurangnya metode yang valid untuk mengukur objektivitas
pada platform media sosial YouTube, konsep ini dipilih karena alasan yang
paling relevan untuk digunakan dan dianggap cocok untuk mengukur metrik di
unit analisis penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil 15
sample video dari Channel Youtube Gadgetin dalam periode September 2021
sampai dengan September 2022. Sample video yang dipilih bersasarkan video
yang mereview smartphone saja dari berbagai merk yang berbeda. Penelitian
ini menemukan bahwa berdasarkan nilai yang ditetapkan pada tiap - tiap
indikator, 15 sample video ini mendapatkan total nilai 63,7 dengan nilai
minimum 2 dan nilai maksimum 75. Berdasarkan total nilai ini, peneliti
menyimpulkan bahwa dari 15 sample video yang diambil dari Channel Youtube
Gadgetin sudah cukup objektif karena sudah mendekati nilai maksimum yang
ditentukan.
Collections
- Communication [943]