Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Menggunakan E-Wallet Shopeepay: Studi Generasi Z Di Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi terkait faktor-faktor niat anteseden
generasi Z di Indonesia terhadap niat menggunakan ShopeePay. Teori utama
penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of
Reasoned Action (TRA) dengan menggunakan variabel norma subjektif, persepsi
manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan niat menggunakan. Dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner online
didapatkan jumlah 180 responden. Jumlah responden tersebut didapatkan dengan
menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria responden tahun
kelahiran 1995-2010 dan mengetahui tentang ShopeePay. Data dianalisis dengan
menggunakan metode PLS-SEM. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan
bahwa persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap niat
menggunakan ShopeePay, namun norma subjektif berpengaruh positif dan
signifikan terhadap persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan dan niat
menggunakan ShopeePay, persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap persepsi manfaat ShopeePay, persepsi manfaat berpengaruh
positif dan signifikan terhadap niat menggunakan ShopeePay. Penelitian ini dapat
berkontribusi kepada literatur pada topik penggunaan dompet elektronik dengan
mempertimbangkan variabel norma subjektif, persepsi manfaat, persepsi
kemudahan penggunaan, dan niat menggunakan. Adapun bagi pihak perusahaan
dapat menjadi bahan pertimbangan dalam meningkatkan layanan ShopeePay
seperti menjalin kerjasama dengan pihak ketiga terkait penyediaan layanan
pembayaran pada e-commerce lain ataupun gerai penyedia layanan tarik tunai.
Collections
- Management [4527]