Strategi Komunikasi Akun Instagram @Scholarship4us Dan @Schohub Dalam Menyebarkan Informasi Beasiswa
Abstract
Kuliah secara gratis, di dalam maupun luar negeri bukanlah suatu hal yang sulit. Karena
banyaknya beasiswa yang tersedia oleh pemerintah maupun lembaga-lembaga, dengan latar
belakang apapun dapat menempuh pendidikan dimana saja. namun dibalik banyaknya
informasi beasiswa yang tersedia, masih sedikit yang sampai kepada pelajar karena
cenderung memperoleh informasi beasiswa secara konvensional. Dengan berkembangnya
media digital, salah satunya Instagram. Maka muncullah akun-akun yang turut menyebarkan
informasi beasiswa. diantaranya ada @Scholarship4us dan @schohub yang memiliki
banyak pengikut serta aktif melakukan interaksi dan mengunggah informasi terkait
beasiswa. Penelitian ini menarik karena membahas terkait perencanaan komunikasi model
AISAS serta strategi komunikasi yang diterapkan untuk menyebarkan informasi beasiswa
melalui media sosial Instagram
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan
@Scholarship4us dan @Schohub dalam menyebarkan informasi beasiswa. Penelitian ini
menggunakan metode deskripstif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan metode wawancara dengan narasumber terkait dan didukung dengan datadata
observasi.
Hasil yang ditemukan pada penelitian ini yaitu @Scholarship4us dan
@Schohub menggunakan strategi komunikasi sebagai berikut: 1) menetapkan tiap awardee
beasiswa sebagai komunikator program beasiswa 2) menyusun informasi beasiswa dengan
visual yang menarik dan warna yang selaras, 3) menetapkan Instagram sebagai media utama
dalam penyebaran informasi beasiswa. 4) menetapkan pelajar dan mahasiswa sebagai
sasaran informasi beasiswa, 5) pengukuran keberhasilan program sehingga membuat
audiens mengajak orang lain untuk mengikuti program.
Collections
- Communication [943]