Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Umkm Bidang Pakan Ternak Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Samudera Poultry Shop (Ps) Kota Payakumbuh)
Abstract
Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia mempengaruhi banyak hal, mulai dari kondisi dan
akibat yang ditimbulkan dan juga peraturan yang dibuat pemerintah. Karena faktor tersebut
berdampak kepada para pelaku usaha UMKM, salah satunya pelaku usaha di bidang pakan
ternak unggas seperti Poultry Shop seperti Samudera Poultry Shop yang merasakan dampak dari
Pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini ialah mengkaji bagaimana strategi komunikasi
pemasaran terpadu UMKM pada bidang pakan ternak selama pandemi COVID-19 yang
diimplementasikan Samudera Poultry Shop dalam menghadapi krisis kenaikan harga pakan
ternak selama pandemi dan ketidakseimbangan harga hasil produksi ternak yang mengakibatkan
kerugian besar pada pelaku Poultry Shop dan para peternak unggas. Metode yang dilakukan
dalam penelitian ini ialah menggunakan observasi dan wawancara setelah itu dilakukan analisis
data dari data-data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukan Samudera Poultry Shop
melakukan strategi komunikasi pemasaran UMKM yang berfokus pada elemen bauran promosi
(promotion mix). Implementasi dilakukan dengan menggunakan pendekatan dengan pelanggan,
seperti personal selling dengan mengunjungi pelanggan langsung ke tempat. Mencari
permasalahan pelanggan dalam menghadapi krisis selama pandemi dan mencari solusi. Direct
marketing melakukan mengunjungi pelanggan langsung, menggunakan sosial medai seperti
Facebook dan Instagram sebagai pemasaran produk selama pandemi. Sales promotion yang
mengapresiasi pelanggan yang telah berlangganan dengan Samudera Poultry Shop, dengan
memberi hadiah berupa kupon setiap pembelian barang, melakukan kiat promosi atau
pengiklanan produk melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook. Faktor penghambat
selama pandemi ialah munculnya kompetitor lain yang menawarkan pakan ternak dengan harga
yang lebih murah.
Collections
- Communication [990]