Show simple item record

dc.contributor.authorINDRI CANTIKA PRIMA
dc.date.accessioned2023-01-26T04:05:57Z
dc.date.available2023-01-26T04:05:57Z
dc.date.issued2022-07-28
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42015
dc.description.abstractPandemi COVID-19 yang melanda Indonesia mempengaruhi banyak hal, mulai dari kondisi dan akibat yang ditimbulkan dan juga peraturan yang dibuat pemerintah. Karena faktor tersebut berdampak kepada para pelaku usaha UMKM, salah satunya pelaku usaha di bidang pakan ternak unggas seperti Poultry Shop seperti Samudera Poultry Shop yang merasakan dampak dari Pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini ialah mengkaji bagaimana strategi komunikasi pemasaran terpadu UMKM pada bidang pakan ternak selama pandemi COVID-19 yang diimplementasikan Samudera Poultry Shop dalam menghadapi krisis kenaikan harga pakan ternak selama pandemi dan ketidakseimbangan harga hasil produksi ternak yang mengakibatkan kerugian besar pada pelaku Poultry Shop dan para peternak unggas. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini ialah menggunakan observasi dan wawancara setelah itu dilakukan analisis data dari data-data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukan Samudera Poultry Shop melakukan strategi komunikasi pemasaran UMKM yang berfokus pada elemen bauran promosi (promotion mix). Implementasi dilakukan dengan menggunakan pendekatan dengan pelanggan, seperti personal selling dengan mengunjungi pelanggan langsung ke tempat. Mencari permasalahan pelanggan dalam menghadapi krisis selama pandemi dan mencari solusi. Direct marketing melakukan mengunjungi pelanggan langsung, menggunakan sosial medai seperti Facebook dan Instagram sebagai pemasaran produk selama pandemi. Sales promotion yang mengapresiasi pelanggan yang telah berlangganan dengan Samudera Poultry Shop, dengan memberi hadiah berupa kupon setiap pembelian barang, melakukan kiat promosi atau pengiklanan produk melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook. Faktor penghambat selama pandemi ialah munculnya kompetitor lain yang menawarkan pakan ternak dengan harga yang lebih murah.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleStrategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Umkm Bidang Pakan Ternak Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Samudera Poultry Shop (Ps) Kota Payakumbuh)en_US
dc.Identifier.NIM18321212


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record