Analisis Perilaku Loyalitas Dan Fanatisme Fans NCT
Abstract
NCT merupakan grup pertama yang menggunakan sistem dimana jumlah anggotanya
tidak terbatas yang kemudian dikelompokkan menjadi beberapa sub-unit dan kolaborasi.
Penelitian ini berfokus pada analisis perilaku loyalitas NCTzen dan gambaran fanatisme
NCTzen Jogja.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara dan observasi partisipan terhadap enam responden dengan
usia 18-26 tahun yang sudah tergabung dalam NCTzen Jogja dengan teknik snowball.
Hasil penelitian menunjukkan perilaku loyalitas NCTzen Jogja pada NCT bahwa mereka
tidak hanya berada disatu tahapan saja, tetapi tersebar disemua tahapan yaitu The
Courtship, The Relationship, dan The Marriage. Terlihat dari perilaku mengoleksi
merchandise, mendengarkan lagu NCT setiap hari, mempelajari dance NCT, dan
mencontoh perilaku NCT. Hasil penelitian juga menunjukkan, gambaran fanatisme
NCTzen Jogja telah memenuhi empat karakteristik fanatisme, penggemar umur 22- 26
tahun lebih memilih menonton konser daripada membeli merchandise. Sedangkan,
NCTzen 18-20 tahun menunjukkannya dengan mengoleksi merchandise hingga jutaan
rupiah.
Collections
- Communication [943]