Hubungan Kepuasan Merek Terhadap Loyalitas Merek Yang Dimediasi Oleh Struktur Emosional Pada Layanan Pesan Antar Makanan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan merek terhadap
loyalitas merek dimediasi oleh struktur emosional dalam konteks layanan pesan
antar makanan. Metodologi yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan teknik purposive sampling, memiliki kriteria responden yaitu masyarakat
Indonesia yang sudah pernah menggunakan layanan pesan antar makanan. Jumlah
responden yang valid adalah 200. Pengolahan data menggunakan metode PLS-
SEM. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepuasan merek,
keterikatan merek, kecintaan merek, dan loyalitas merek. Adapun hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan berpengaruh positif terhadap
keterikatan merek layanan pesan antar makanan, keterikatan berpengaruh positif
terhadap kecintaan merek layanan pesan antar makanan, kepuasan berpengaruh
positif terhadap kecintaan merek layanan pesan antar makanan, dan kecintaan
berpengaruh positif terhadap loyalitas merek layanan pesan antar makanan. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan layanan pesan antar makanan
khususnya GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood dalam mempertimbangkan
kepuasan konsumen agar terciptanya loyalitas terhadap merek.
Collections
- Management [4527]