Peran Ekuitas Merek Dan Persepsi Nilai Yang Dirasakan Sebagai Mediasi Hubungan Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap Niat Membeli Kembali (Studi Pada Instagram Erigo)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh hubungan
aktivitas pemasaran media sosial terhadap niat membeli kembali pada Instagram
Erigo dengan ekuitas merek dan persepsi nilai yang dirasakan sebagai mediasi.
Populasi pada penelitian ini yaitu individu yang mempunyai Instagram, berumur
kurang dari 17 tahun sampai 50 tahun ke atas, dan berdomisili di Indonesia.
Metode dan teknik sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dan
convenience sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 234 responden. Data
dikumpulkan melalui kuesioner dengan metode survei daring. Metode analisis
data yang digunakan yaitu SEM (Structural Equation Model) dengan teknik PLS
(Partial Least Square) yang diolah dengan SmartPLS. Temuan hasil pada
penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pemasaran media sosial berpengaruh
positif dan signifikan terhadap ekuitas merek dan persepsi nilai yang dirasakan.
Ekuitas merek dan persepsi nilai yang dirasakan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap niat membeli kembali. Selanjutnya, ekuitas merek dan
persepsi nilai yang dirasakan memediasi parsial positif dan signifikan pada
pengaruh hubungan aktivitas pemasaran media sosial terhadap niat membeli
kembali. Terkecuali, aktivitas pemasaran media sosial berpengaruh positif tetapi
tidak signifikan terhadap niat membeli kembali.
Collections
- Management [4703]