Hubungan Gaya Belajar Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan
antara gaya belajar dengan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran kimia
di SMA Negeri 1 Pakem. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik
jurusan MIPA di SMA Negeri 1 Pakem sebanyak 193 peserta didik. Sampel yang
digunakan sebanyak 47 peserta didik, metode sampling yang digunakan adalah
Proportionate Stratified Random Sampling. Pengambilan data dilakukan dengan
menggunakan teknik non tes berupa angket dengan bantuan Google Form. Teknik
analisis data menggunakan uji statistika parametrik uji Pearson . Berdasarkan hasil
analisis data dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara gaya
belajar dengan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran kimia yang
dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai kekuatan korelasi adalah 0,704.
Collections
- Chemistry Education [324]