Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Pariaman Untuk Mempromosikan Pesta Budaya Tabuik Dalam Upaya Menarik Wisatawan
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi antusias masyarakat untuk menghadiri Pesta
Budaya Tabuik. Dinas Pariwisata Kota Pariaman tentunya mempunyai strategi
komunikasi yang tepat untuk menarik minat wisatawan untuk mendatangi Pesta
Budaya Tabuik. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi
komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Pariaman.
Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan analisis deskriptif
yaitu menggambarkan dan menjelaskan data yang dilakukan dengan wawancara,
observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Bapak Walikota
Pariaman, Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Pariaman dan Kabid Pemasaran Dinas
Pariwisata Kota Pariaman.
Hasil dari Penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran
yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Kota Pariaman dalam mengembangkan
Pesta Budaya Tabuik adalah sebagai berikut: (a)Promosi dilakukan dengan
memanfaatkan
media
online yaitu
dengan
website
https://sipaman.pariamankota.go.id/,
instagram
@disparbud.pariaman
@pariaman.tourism dan facebook @pariaman.tourism. Dinas Pariwisata Kota
Pariaman mempunyai admin khusus untuk mengupload informasi melalui media
tersebut dalam bentuk foto, vidio yang terkait dengan pariwisata Kota Pariaman
termasuk Pesta Budaya Tabuik. (b)Promosi secara offline juga dilakukan oleh
Dinas Pariwisata Kota Pariaman dengan cara membuat brosur, baliho dan leflet
yang berisikan tentang Pesta Budaya Tabuik, promosi dari orang ke orang, promosi
melalui pameran-pameran wisata yang ada di Sumatera Barat maupun di luar
Sumatera Barat.
Collections
- Communication [949]