Strategi Komunikasi Pemasaran Swiss-Belhotel Harbour Bay Batam Untuk Menarik Minat Pengunjung Di Era New Normal
Abstract
Swiss-Belhotel Harbour Bay menjadi salah satu hotel yang mengalami penurunan
okunpansi karena kebijakan yang diterapkan pemerintah pada awal pandemi untuk menutup
sementara segala kegiatan operasional selama beberapa minggu guna melakukan tindakan
pencegahan kontaminasi penyebaran virus Covid-19. Swiss-Belhotel Batam merupakan salah
satu hotel berbintang 4 dengan Standar Internasional di komplek Harbour Bay yang masih di
masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi
komunikasi pemasaran yang dilakukan Swiss-Belhotel Harbour Bay Batam dalam menarik minat
pengujung di era new normal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya observasi,
wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa selama masa pandemic
covid-19, rangkaian marketing mix tidak dapat dilakukan seutuhnya melihat ruang gerak yang
terbatas. Komunikasi pemasaran yang dilakukan Swiss-Belhotel Harbour Bay selama masa
pandemi adalah Advertising (iklan) secara online dengan memanfaat media sosial Instagram.
Kemudian Sales Promotion (promosi penjualan) dengan mengadakan flash sale di Instagram
pada waktu tertentu serta menawarkan paket bundle kamar dan Food & Beverage. Swiss-
Belhotel Harbour Bay juga membuat inovasi baru untuk Food & Beverage yang menjadi
keunggulan Swiss-Belhotel Harbour Bay dengan menjual Dim Sum dalam bentuk frozen agar
dapat dinikmati kapan saja.
Collections
- Communication [964]