Penilaian Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung
Abstract
Dalam sebuah organisasi, kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di
organisasi publik/instansi pemerintah menjadi hal yang penting karena kerap
dipergunakan sebagai sarana pengukuran terhadap tingkat kematangan dari
sebuah organisasi publik. Kepuasan yang masyarakat rasakan menjadi tolak ukur
penilaian dari kualitas layanan yang diberikan aparat kepada masyarakat.
Kualitas layanan dapat diketahui melalui upaya perbandingan sudut pandang
masyarakat terhadap sebuah layanan yang sudah seharusnya masyarakat terima
dengan layanan yang sebenarnya masyarakat terima. Penilaian kepuasan
masyarakat dapat dinilai melalui Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Salah satu
instansi yang melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat adalah Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung yang memiliki
kewajiban membantu segala keperluan Bupati ketika menjalankan peran
penunjang urusan pemerintahan di bidang administrasi kependudukan.
Collections
- Management [4703]