Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Masyarakat Dalam Berdonasi Online (Analysis Of Influencing Factors People’s Decision To Online Donation)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand awareness,
keamanan, partisipasi influencer, dan akuntabilitas terhadap keputusan
masyarakat dalam berdonasi online. Dengan menggunakan metode penelitian
kuantitatif dan sumber data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh
dengan menyebarkan kuesioner melalui google form. Sampel pada penelitian ini
sebanyak 200 responden dengan kriterianya yaitu suatu individu yang berusia 18 -
40 tahun yang pernah berdonasi secara online. Teknik analisis data pada
penelitian ini yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji statistik (uji t dan
analisis regresi linier berganda). Pengolahan data analisis dengan menggunakan
software SPSS (Statistical Program for Social Science) versi 23. Hasil pada
penelitian ini adalah variabel brand awareness, keamanan, dan akuntabilitas
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan masyarakat dalam berdonasi
secara online. Sedangkan variabel partisipasi influencer tidak berpengaruh secara
signifikan terhadap keputusan masyarakat dalam berdonasi secara online.
Collections
- Islamic Economics [827]