Analisis Strategi Pemasaran Rumah Batik Danar Hadi Surabaya
Abstract
Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri batik yang
masih eksis dan berkembang pesat hingga saat ini di tengah persaingan yang
semakin ketat karena banyaknya pelaku pasar, Danar Hadi perlu menerapkan
strategi yang tepat dalam menjalankan roda usahanya. Kondisi yang semakin
kompetitif membuat perusahaan harus meningkatkan performa serta kinerjanya
dalam menjaga eksistensinya. Agar dapat bertahan menghadapi persaingan,
perusahaan diharapkan memiliki strategi yang unggul dalam pencapaian tujuan
perusahaan..
Penelitian ini bertujuan mengetahui posisi bisnis Rumah Batik Danar Hadi
saat ini, mengetahui variabel internal dan eksternal yang dimiliki perusahaan serta
merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan perusahaan.
Responden penelitian adalah pihak manajemen Rumah Batik yang terdiri dari 7
orang. Dari penelitian ini didapat data mengenai 14 variabel internal dan 8
variabel eksternal yang dimiliki perusahaan. Metode analisis yang digunakan
yaitu uji validitas dan reliabilitas. analisis SWOT serta analisis MDTI yang
digunakan untuk mengetahui posisi perusahan.
Hasil penelitian menunjukkan Rumah Batik Danar Hadi berada pada
posisi yang kuat. Ini diketahui dari hasil analisis SWOT yang menunjukkan
bahwa perusahaan mempunyai kekuatan yang tinggi dari faktor eksternalnya,
sehingga strategi yang cocok bagi pemasarannya adalah mendukung strategi
agresif dengan meraih peluang yang ada dengan memanfaatkan kekuatan yang
dimilikinya.
Sedangkan dari hasil analisis MDTI perusahaan berada pada posisi
kekuatan bisnis tinggi dengan daya tarik industri yang tinggi pula, sehingga
berada pada posisi pertumbuhan dengan konsentrasi melalui integrasi vertikal.
Posisi bisnis perusahaan dimasa yang akan datang sangat menjanjikan dan
berprospek baik. Kekuatan yang dimiliki perusahaan berupa citra produk, citra
rumah batik, variasi produk, kualitas produk, cara pembayaran dengan kartu
kredit, lokasi, pelayanan, kualitas SDM, biaya peningkatan mutu, riset dan
pengembangan serta aspek keuangan. Dengan kekuatan tersebut, perusahaan
dapat memanfaatkan peluang berupa daya beli, pertumbuhan pasar, ukuran pasar,
perubahan pendapatan konsumen serta peningkatan daya beli konsumen
Dari penelitian ini diharapkan pihak Rumah Batik mempertahankan
pangsa pasar yang ada dengan memperhatikan 4 aspek bauran pemasaran (harga,
produk, promosi, saluran distribusi) yang dimilikinya. Selain itu perusahaan harus
dapat menciptakan brand image tersendiri, sebagai pembeda dengan produk
pesaing.
Collections
- Management [4550]