Strategi Komunikasi Pasca Krisis Pelaku Pariwisata Kota Batam Pada Periode Kenormalan Baru (Studi Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Batam Dan Swiss-belhotel Harbour Bay Batam)
Abstract
Strategi komunikasi diperlukan untuk memulihkan industri pariwisata di Kota
Batam. Strategi komunikasi dalam masa pasca krisis ini diperlukan untuk memberikan
informasi mengenai situasi, kondisi, dan perkembangan industri pariwisata Kota Batam
serta menginformasikan mengenai kebiasaan-kebiasaan baru kepada wisatawan
dengan menyesuaikan pada fase kenormalan baru saat ini. Model Pentahelix yakni
ABCGM memiliki peranan yang cukup penting dalam industri pariwisata. Hal ini
karena kelima stakeholders ini dapat berkolaborasi untuk mengembangkan dan
memajukan pariwisata yang ada di daerahnya masing-masing, salah satunya Batam.
Dalam penelitian ini, stakeholders yang menjadi fokus utama adalah bisnis dan
pemerintahan. Businessman atau pihak swasta memiliki peran sebagai perantara
wisatawan dengan masyarakat sekitar untuk menawarkan produk-produk wisata dalam
pengembangan pariwisata. Kemudian, peran pemerintah dalam pengembangan
pariwisata antara lain sebagai regulator, fasilitator, mediator, dan penyedia prasarana.
Penelitian ini berfokus pada Kota Batam karena Batam merupakan salah satu kota yang
menjadi pintu masuk pariwisata ke Indonesia dan memiliki ragam budaya dan wisata
yang dapat dipamerkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode
penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Sumber data
yang digunakan adalah data primer dari hasil wawancara dan data sekunder melalui
berita, dokumen resmi, akun sosial media, dan website resmi. Hasil yang didapatkan
pada penelitian ini adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam melakukan
strategi komunikasi pasca krisis dengan mendorong pelaku pariwisata untuk
melaksanakan event-event di masa new normal ini. Disbudpar Kota Batam juga
bekerjasama dengan stakeholders ABCGM untuk melaksanakan kegiatannya, salah
satunya pemilihan duta CHSE. Kemudian hal tersebut disampaikan melalui website
dan akun sosial media Disbudpar Batam. Swiss-belhotel Harbour Bay Batam juga
memfokuskan komunikasi pasca krisisnya pada akun sosial medianya yakni Instagram
dengan mempromosikan terkait protocol kesehatan yang diterapkan di hotel mereka
untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.
Collections
- Communication [990]