Strategi Media Sosial Marketing Indo Premier Sekuritas Dalam Meningkatkan Jumlah Investor
Abstract
Investor pasar modal Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan pada
awal terjadinya Covid-19 pada awal tahun 2020. Banyaknya waktu luang yang dimiliki
sembari melakukan Work From Home membuat orang-orang mencari dan mencoba hal baru,
salah satunya berinvestasi di pasar modal. Sekuritas sebagai salah satu lembaga yang berada
dibawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selain sebagai perantara antara pembeli dan
penjual dalam berinteraksi di pasar modal memiliki peranan yang penting dalam
memberikan informasi dan tempat investor untuk mengetahui lebih banyak tentang pasar
modal. Salah satu perusahaan sekuritas swasta terbesar di Indonesia, Indo Premier Sekuritas
kerap memberikan informasi seputar investasi dan perencanaan keuangan bagi investor dan
followers di media sosial. Untuk itu fokus penelitian ini yaitu strategi yang dilakukan oleh
Indo Premier Sekuritas pada media sosial marketing dalam meningkatkan jumlah investor
pada tahun 2020. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana strategi-strategi
media sosial marketing Indo Premier Sekuritas pada media sosial pada tahun 2020 untuk
meningkatkan jumlah investor, pada penelitian ini meneliti pada tiga media sosial yaitu
Instagram, Twitter, dan Youtube. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan sumber-sumber tertulis.
Hasil penelitian ini yaitu pada tahun 2020, Indo Premier Sekuritas melakukan strategi
menghadirkan konten berbentuk visual, sedikit tulisan, re-branding tampilan pada Mei 2020
di Instagram. Di Twitter, konten disajikan berbentuk thread yang menghibur seperti
postingan meme dan tren yang sedang viral. Lalu di Youtube fokus konten ada pada video
seperti tutorial penggunaan aplikasi atau pembahasan tentang investasi. Pembahasan yang
ringan, memakai analogi di tiga platform, juga kampanye “Semua Bisa Investasi”. Inisiatif
yang diberikan di media sosial yaitu melakukan komunikasi dua arah kepada followers,
seperti merespon dan menjawab pertanyaan followers. Adapun hasil pertumbuhan tiga
media sosial yaitu Instagram, Twitter dan Youtube Indo Premier Sekuritas, masing-masing
media sosial mendapat pertumbuhan followers yang cukup signifikan, khususnya di
Instagram pada 2020. Dengan melakukan komunikasi dua arah, penggunaan KOL dan
endorse. Dari hasil strategi tersebut, urutan engagement tertinggi yaitu Instagram, Twitter,
lalu Youtube. Pada Instagram dengan memanfaatkan IGTV, Reels, IG Stories. Twitter
dengan penggunaan Key Opinion Leader dan influencer, lalu Youtube dengan menggunakan
endorse dari youtuber yang memiliki konten investasi dan perencanaan keuangan. Lalu
adapun faktor pendukung dari strategi media sosial marketing Indo Premier Sekuritas pada
tahun 2020 yaitu penyampaian konten menggunakan bahasan yang ringan dan menggunakan
analogi, mengikuti tren-tren terkini yang dapat meningkatkan perhatian followers, persiapan
konten untuk satu sampai dua tahun kedepan, penggunaan KOL Internal dan Eksternal,
tagline semua bisa investasi, dan konten-konten yang dibuat untuk Reels dan Tiktok menjadi
pendukung Indo Premier dalam membuat konten yang singkat dan padat. Sedangkan faktor
penghambatnya yaitu membutuhkan sumber daya yang banyak untuk membantu merespon
pertanyaan followers di media sosial Indo Premier Sekuritas, serta adanya akun-akun palsu
yang muncul dimana mengatasnamakan Indo Premier Sekuritas yang dapat membahayakan
nasabah ataupun followers.
Collections
- Communication [949]