Show simple item record

dc.contributor.advisorNadia Wasta Utami, S.I.Kom, M.A.
dc.contributor.authorMUHAMMAD AFIF
dc.date.accessioned2022-12-20T06:27:01Z
dc.date.available2022-12-20T06:27:01Z
dc.date.issued2022-09-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41135
dc.description.abstractInvestor pasar modal Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan pada awal terjadinya Covid-19 pada awal tahun 2020. Banyaknya waktu luang yang dimiliki sembari melakukan Work From Home membuat orang-orang mencari dan mencoba hal baru, salah satunya berinvestasi di pasar modal. Sekuritas sebagai salah satu lembaga yang berada dibawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selain sebagai perantara antara pembeli dan penjual dalam berinteraksi di pasar modal memiliki peranan yang penting dalam memberikan informasi dan tempat investor untuk mengetahui lebih banyak tentang pasar modal. Salah satu perusahaan sekuritas swasta terbesar di Indonesia, Indo Premier Sekuritas kerap memberikan informasi seputar investasi dan perencanaan keuangan bagi investor dan followers di media sosial. Untuk itu fokus penelitian ini yaitu strategi yang dilakukan oleh Indo Premier Sekuritas pada media sosial marketing dalam meningkatkan jumlah investor pada tahun 2020. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana strategi-strategi media sosial marketing Indo Premier Sekuritas pada media sosial pada tahun 2020 untuk meningkatkan jumlah investor, pada penelitian ini meneliti pada tiga media sosial yaitu Instagram, Twitter, dan Youtube. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan sumber-sumber tertulis. Hasil penelitian ini yaitu pada tahun 2020, Indo Premier Sekuritas melakukan strategi menghadirkan konten berbentuk visual, sedikit tulisan, re-branding tampilan pada Mei 2020 di Instagram. Di Twitter, konten disajikan berbentuk thread yang menghibur seperti postingan meme dan tren yang sedang viral. Lalu di Youtube fokus konten ada pada video seperti tutorial penggunaan aplikasi atau pembahasan tentang investasi. Pembahasan yang ringan, memakai analogi di tiga platform, juga kampanye “Semua Bisa Investasi”. Inisiatif yang diberikan di media sosial yaitu melakukan komunikasi dua arah kepada followers, seperti merespon dan menjawab pertanyaan followers. Adapun hasil pertumbuhan tiga media sosial yaitu Instagram, Twitter dan Youtube Indo Premier Sekuritas, masing-masing media sosial mendapat pertumbuhan followers yang cukup signifikan, khususnya di Instagram pada 2020. Dengan melakukan komunikasi dua arah, penggunaan KOL dan endorse. Dari hasil strategi tersebut, urutan engagement tertinggi yaitu Instagram, Twitter, lalu Youtube. Pada Instagram dengan memanfaatkan IGTV, Reels, IG Stories. Twitter dengan penggunaan Key Opinion Leader dan influencer, lalu Youtube dengan menggunakan endorse dari youtuber yang memiliki konten investasi dan perencanaan keuangan. Lalu adapun faktor pendukung dari strategi media sosial marketing Indo Premier Sekuritas pada tahun 2020 yaitu penyampaian konten menggunakan bahasan yang ringan dan menggunakan analogi, mengikuti tren-tren terkini yang dapat meningkatkan perhatian followers, persiapan konten untuk satu sampai dua tahun kedepan, penggunaan KOL Internal dan Eksternal, tagline semua bisa investasi, dan konten-konten yang dibuat untuk Reels dan Tiktok menjadi pendukung Indo Premier dalam membuat konten yang singkat dan padat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu membutuhkan sumber daya yang banyak untuk membantu merespon pertanyaan followers di media sosial Indo Premier Sekuritas, serta adanya akun-akun palsu yang muncul dimana mengatasnamakan Indo Premier Sekuritas yang dapat membahayakan nasabah ataupun followers.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Media Sosialen_US
dc.subjectMarketingen_US
dc.subjectInvestasien_US
dc.subjectPandemi Covid-19en_US
dc.titleStrategi Media Sosial Marketing Indo Premier Sekuritas Dalam Meningkatkan Jumlah Investoren_US
dc.Identifier.NIM18321193


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record