Dampak Orientasi Kualitas Strategi Terhadap Kemampuan Inovasi Dan Pertumbuhan Bisnis Berkelanjutan Pada Perusahaan Sektor Jasa Di Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan utuk menjelaskan dampak orientasi kualitas strategi
terhadap kemampuan inovasi dan pertumbuhan bisnis berkelanjutan dengan objek
penelitian perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa di daerah Yogyakarta. Di
mana terdapat peran inovasi eksploratif dan inovasi eksploitatif sebagai bentuk
kemampuan inovasi yang memiliki peran sebagai mediasi dalam penelitian ini.
Orientasi kualitas strategi serta perkembangan inovasi diperlukan oleh perusahaan
jasa disebabkan adanya globaliasasi yang terus berkembang, yang mengakibatkan
perusahaan jasa untuk terus melakukan inovasi guna memenuhi permintaan
konsumen dan bersaing di pasar yang ketat. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini sebanyak 104 responden merupakan pemilik atau manager
perusahaan yang tersebar di daerah Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel
menggunakan convenience sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu
analisis SEM dan diolah dengan aplikasi AMOS versi 24. Hasil penelitian
menunjukkan terdapat pengaruh positif dan negatifn antara orientasi kualitas
strategi dengan inovasi eksploratif dan eksploitatif, serta pertumbuhan bisnis
berkelanjutan.
Collections
- Management [4548]