Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Opinion Shopping, Dan Audit Lag Terhadap Opini Audit Going Concern Studi Kasus Pada Perusahaan Real Estate Dan Property Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan,
opinion shopping, dan audit lag terhadap opini audit going concern pada perusahaan
property dan real estate dengan rentang waktu pengamatan sepanjang tahun 2018
hingga 2020. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan mengamati laporan
keuangan perusahaan. Pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan
purposive sampling sehingga ditetapkan 52 perusahaan property dan real estate.
Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi logistik. Hasil penelitian
menunjukan profitabilitas dan opinion shopping memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap opini audit going concern. Sedangkan, variabel ukuran
perusahaan dan audit lag diketahui tidak memiliki pengaruh terhadap pemberian
opini audit going concern oleh auditor.
Collections
- Akuntansi [4660]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Perusahaan di Website Perusahaan Manufaktur di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bei Tahun 2011-2013)
Viviyanchi (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-13)This study aims to analyze the relationship of web disclosure with manufactured company characteristic namely, profitability, public ownership, firm’s size, and manager ownership. The research object is the entire ... -
ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ 45 Indonesia Tahun 2012-2016)
Maulidya Nayahita, 14312124 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan terhadap corporate social responsibility yang terdaftar ... -
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Periode 2013 – 2017)
Audy Rifchita Putri, 14312401 (Universitas Islam Indonesia, 2019-01-18)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini ...