dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh layanan pasca
pembelian, seperti layanan pelanggan, layanan pengiriman, layanan pelacakan,
(tracking), dan layanan pengembalian terhadap kepuasan serta loyalitas pelanggan
pada pengguna E-Commerce. Lalu, populasi dari penelitian ini adalah pengguna ecommerce
yang bertempat tinggal di pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatera, tanpa
karakteristik wilayah tertentu. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan
sampel adalah non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 304
responden. Metode analisis yang digunakan adalah SEM (Structural Equation
Modeling) dengan program aplikasi Smart PLS. Penelitian ini merupakan penelitian
kausalitas dengan variabel-variabel seperti layanan pelanggan, layanan pengiriman,
layanan pelacakan dan layanan pengembalian, serta variabel terganrtung yang terdiri
dari kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Dari analisis data yang telah
dilakukan, hasil menunjukkan bahwa seluruh layanan pasca pembelian yang meliputi
layanan pelanggan, layanan pengiriman, layanan pelacakan (tracking), dan layanan
pengembalian berpengaruh positif serta signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Begitu pula dengan kepuasan pelanggan yang berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas pelanggan. | en_US |