Hubungan Kesiapan Belajar Dan Optimisme Peserta Didik Dalam Mengerjakan Ulangan Harian Materi Konsep Mol Di Smk Negeri 1 Cangkringan Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kesiapan belajar
dengan optimism mengerjakan soal ulangan harian materi konsep mol. Populasi
pada penelitian ini adalah siswa kelas APL SMKN 1 Cangkiringan yang
berjumlah 192 siswa dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI APL I
dan kelas XI APL II jumlah 57 siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian
ini yaitu teknik non tes dengan bentuk instumen berupa angket. Instrumen
kesiapan belajar dan optimisme mengerjakan soal ulangan harian yang berbentuk
angket disebarkan dengan memasuki kedua kelas. Teknik analisis data
menggunakan uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji
linearitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji korelasi Rank Pearson. Hasil
penelitian yang didapat adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan
belajar dengan optimisme mengerjakan soal ulangan harian materi konsep mol
dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai koefisien korelasinya 0,597.
Collections
- Chemistry Education [324]