Hubungan Kesiapan Belajar Dan Optimisme Peserta Didik Dalam Mengerjakan Ulangan Harian Materi Konsep Mol Di Smk Negeri 1 Cangkringan Tahun Ajaran 2022/2023
dc.contributor.author | RUSYDI RIDHA ADITYA | |
dc.date.accessioned | 2022-12-16T03:43:13Z | |
dc.date.available | 2022-12-16T03:43:13Z | |
dc.date.issued | 2022-09-14 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41028 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kesiapan belajar dengan optimism mengerjakan soal ulangan harian materi konsep mol. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas APL SMKN 1 Cangkiringan yang berjumlah 192 siswa dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI APL I dan kelas XI APL II jumlah 57 siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu teknik non tes dengan bentuk instumen berupa angket. Instrumen kesiapan belajar dan optimisme mengerjakan soal ulangan harian yang berbentuk angket disebarkan dengan memasuki kedua kelas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji korelasi Rank Pearson. Hasil penelitian yang didapat adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan belajar dengan optimisme mengerjakan soal ulangan harian materi konsep mol dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai koefisien korelasinya 0,597. | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA | en_US |
dc.subject | kesiapan belajar | en_US |
dc.subject | optimisme | en_US |
dc.subject | konsep mol | en_US |
dc.title | Hubungan Kesiapan Belajar Dan Optimisme Peserta Didik Dalam Mengerjakan Ulangan Harian Materi Konsep Mol Di Smk Negeri 1 Cangkringan Tahun Ajaran 2022/2023 | en_US |
dc.Identifier.NIM | 18614041 |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Chemistry Education [326]